Thursday 7 May 2020

Manajemen Keuangan



            Hai selamat datang kembali pada blog saya! Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Manajemen Keuangan dengan pengertian lainnya seperti Sumber Dana, Penggunaan Dana dan Cashflow (aliran dana).
            Keuangan dalam sebuah perusahaan merupakan pondasi yang kuat bagi perusahaan itu sendiri. Keuangan jika tidak dikelola dengan baik maka akan menjadi boomerang bagi perusahaan itu sendiri dan akan menghentikan jalannya perusahaan. Di dalam perusahaan pasti ada pihak yang mengurus dalam bidang keuangan yang disebut dengan manajemen keuangan. Nah manajemen keuangan itu apasih? Manajemen keuangan merupakan kegiatan perencanaan, pengelolaan, penyimpanan, serta pengendalian dana dan aset yang dimiliki suatu perusahaan. Pengelolaan keuangan harus direncanakan dengan matang agar tidak muncul masalah di keesokan harinya.



            Nah manajemen keuangan itu sendiri memiliki tujuan nih, tujuan dari manajemen keuangan diantaranya: menjaga arus kas perusahaan, memaksimalkan keuangan perusahaan, mempersiapkan struktur modal, memaksimalkan keuntungan, meningkatkan efisiensi, mengoptimalkan kekayaan perusahaan, mengurangi resiko operasional, memastikan kelangsungan kehidupan perusahaan dan mengurangi biaya modal. Tentu dengan tujuan yang sudah jelas, perusahaan tidak akan mengalami kekacauan perihal keuangan. Mengatur keuangan perusahaan itu tidak sulit loh teman-teman, yang penting dalam manajemen keuangan di sebuah perusahaan adalah transparasi dan kejujuran, mengingat masalah keuangan dalam sebuah perusahaan sangat rentan dengan manipulasi lho.
            Kita ke pembahasan selanjutnya yuk temen-temen! Yaitu Sumber Dana, sumber dana untuk perusahaan bisa diperoleh dari 3 kelompok sumber yaitu; Sumber Dana Jangka Pendek, Sumber Dana Jangka Menengah serta Sumber Dana Jangka Panjang. Nah, yuk kita bahas satu persatu!
  • 1.      Sumber dana jangka pendek, nah dana ini umumnya digunakan untuk modal kerja perusahaan. Biasanya dana ini diperoleh dengan skema harus dibayar/dikembalikan dalam rentang waktu setahun buku akuntansi atau kurang. Contohnya itu seperti pinjaman dari bank, pendanaan persediaan serta kredit perdagangan.
  • 2.      Sumber dana jangka menengah, biasanya perusahaan yang sumber pendanaannya berasal dari jangka menengah itu dikarenakan adanya keperluan yang ternyata tidak bisa dipenuhi oleh pendanaan jangka pendek. Rentang waktu pengembalian dana jangka menengah ini adalah lebih dari satu tahun buku akuntansi dan tidak lebih dari lima tahun buku. Nah contohnya ini seperti leasing, term loan dan equipment loan.
  • 3.    Sumber dana jangka panjang, biasanya manajer keuangan mengguanakn dana jangka panjang karena perusahaan akan melakukan ekspansi usaha yang masif dalam skala perusahaan tersebut. Karena cenderung lebih strategis untuk perusahaan. Rentang waktu pengembalian sumber dana panjang biasanya lebih dari lima tahun buku. Nah contoh dari sumber dana jangka panjang adalah penerbitan obligasi, hipotik ataupun listing go public dilantai bursa dengan IPO saham perusahaan.

            Nah mari kita ke pembahasan berikutnya yaitu mengenai Penggunaan Dana. Hal pertama yang dilakukan oleh manajer keuangan adalah mengawasi dan menentukan pengalokasian dana untuk berbagai kemungkinana penggunaan. Penggunaan sumber dana ahrus sesuai dengan rencana serta sasaran pokok usaha sehingga dapat memaksimalkan keuntungan bagi pemilik modal dan kontinuitas pengembalian peminjaman.
            Sudah di penghujung pembahasan nih, yang terakhir adalah Cash flow atau aliran dana. Nah cash flow atau aliran kas itu apasih? Cash flow merupakan suatu laporan keuangan yang berisikan pengaruh kas dari kegiatan operasi, kegiatan transaksi investasi dan kegiatan transaksi pembiayaan/pendanaan serta kenaikan atau penuruan bersih dalam kas suatu perusahaan selama satu periode. Nah cash flow sendiri memiliki 2 aliran loh temen-temen, yang pertama adalah (1) Cash Inflow yaitu arus kas yang terjadi dari kegiatan transaksi yang melahirkan keuntungan sedangkan (2) Cash Outflow yaitu arus kas yang terjadi dari kegiatan transaksi yang mengakibatkan beban pengeluaran kas.
Cukup sekian pembahasan dari saya pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi temen-temen yang membaca.
Tetap semangat, terus jaga kesehatan dan #dirumahaja bila tidak memiliki keperluan yang penting. Jiayou!

No comments:

Post a Comment