Thursday 2 April 2020

Aspek Pemasaran dalam Berwirausaha

Dalam berwirausaha tentunya membutuhkan yang dinamakan dengan pemasaran atau marketing, pemasaran menjadi salah satu hal penting yang harus ada ketika kita berwirausaha. Jika berwirausaha namun tidak memiliki strategi pemasaran, maka usaha yang akan kita jalankan menjadi tidak efektif dan efisien. Maka perlu adanya pemasaran, pemasaran sendiri merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahan untuk mempromosikan suatu produk atau suatu jasa yang mereka punya. Pemasaran ini mencakup pengiklanan, penjualan dan pengiriman produk ke konsumen atau ke perusahaan lain. 
Biasanya dalam melakukan promosi, perusahaan menargetkan orang-orang yang sesuai dengan produk atau jasa dipasarkan. Untuk orang-orang bisa melibatkan selebritas yang memiliki cukup kepopuleran agar bisa mendongkrak produk atau jasa yang ditawarkan. Jika pemasaran dilakukan dengan sesuai targetnya, perusahaan akan mendapatkan banyak konsumen dan keuntungan bisa didapatkan dengan mudah, serta dengan adanya pemasaran dapat memudahkan konsumen untuk mencari kebutuhannya, baik produk maupaun jasa. 
Dalam pemasaran tentu harus mempunyai sebuah strategi, strategi umum dalam pemasaran diantaranya adalah:
1. Produk, kualitas produk yang mampu memuaskan keinginan konsumen serta kuantitas yang mampu memenuhi kebutuhan pasar.
2. Price (harga), mempertimbangkan harga pokok produki dan melakukan perbandingan harga dengan produk sejenis atau serumpun.
3. Place (tempat), lokasi penjualan sebaiknya mempunyai nilai tambah dan memiliki fasilitas yang memuaskan konsumen serta mudah dijangkau oleh para konsumen.
4. Promotion (promosi), melakukan promosi pasar sebegai sarana promosi artinya pasar menjadi tempat memperkenalkan dan menginformasikan suatu barang dan jasa tentang manfaat, keunggulan dan karakteristik khusus pada konsumen. Promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain: memasang spanduk, menyebarkan brosur, pameran dan cara hal lainnya. 
Dalam merintis sebuah usaha, seorang wirausaha harus bisa mengenali analisi SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunities dan Threties)
1. Strenghts (kekuatan) memiliki beberapa faktor yang dikategorikan dalam kekuatan, di antaranya:
a) Manajemen yang profesional dan berwibawa.
b) Kemampuan personal pendidikan dan pengalaman relative baik.
c) Dedikasi personal terhadap tugasnya relative tinggi.
2. Weakness (kelemahan) hal-hal yang termasuk dalam kelemahan adalah hal-hal yang berkebalikan dengan Strenghts.
3. Opportunities (peluang-peluang) yang termasuk faktor dari Opportunites di antaranya:
a)   Peraturan pemerintah yang menunjang.
b) Fasilitas atau hak yang diberikan (memperoleh kemudahan izin)
c)  Lingkungan tempat usaha yang memberi kesempatan atau mendukung.
4. Threties (ancaman) faktor yang termasuk ke dalam ancaman di antaranya:
Peraturan pemerintah yang belum jelas.
Pengurusan izin yang terlalu birokratis.
Lingkungan yang kurang memberi kesempatan. 

No comments:

Post a Comment