Tuesday 24 March 2020

Perlunya Manajemen Organisasi dalam Berwirausaha

 Organisasi dalam bentuk apapun dan akan selalu ditemui dimana saja dan kapan saja dalam kehidupan sehari-hari. Organisasi merupakan alat untuk mencapai tujuan, sebagai alat sifatnya statis yang menghimpun orang-orang yang mengadakan kerjasama itu perlu digerakkan leh suatu fungsi atau proses yang disebut manajemen. Karena untuk mencapai tujuan perlu adanya manajemen untuk memudahkan mencapai tujuan yang dituju, oleh karena itu organisasi dan manajemen telah merupakan salah satu fenomena dalam kehidupan sehari-hari maka jelaslah bahwa manajemen mempunyai arti yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.
 Manajemen sendiri merupakan suatu kegiatan yang digunakan untuk harus mengatur semuanya dengan baik, agar dapat melakukan kegiatan dengan efektif dan efisien. Dengan adanya manajemen di kehidupan sehari-hari kita dapat mengatur semua kegiatan agar dapat dilakukan dengan teratur, efesien dan efektif karena tanpa adanya manajemen kehidupan sehari-hari bisa hancur berantakan dan tidak teratur.
 Maka dari itu penting adanya manajemen organisasi dalam berwirausaha dikarenakan kita butuh yang namanya aturan dan rincian perencanaan dalam berwirausaha agar usaha kita tersebut dapat berjalan dengan baik. Sebagaimana dengan tujuan manajemen dalam organisasi adalah sebagai berikut:
1. Tujuan sosial, agar organisasi atau perusahaan bertanggungjawab secara sosial dan etis terhadap keutuhan dan tantangan masyrakat dengan meminimalkan dampak negatif
2. Tujuan organisasional, sasaran formal yang dibuat untuk membantu organisasi mencapai tujuannya
3. Tujuan fungsional, tujuan untuk mempertahankan kontribusi pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi
4. Tujuan individual, tujuan pribadi dari setiap anggota organisasi atau perusahaan yang hendak mencapai melalui aktivitasnya dalam organisasi.
       Keberhasilan dari suatu kegiatan seperti ingin berwirausaha tergantung dari bagaimana manajemennya, suatu pekerjaan akan berhasil apabila manajemennya berjalan dengan baik dan teratur. Serangkaian tahap kegiatan mulai dari awal melakukan kegiatan atau pekerjaan sampai akhir tercapainya tujuan kegiatan atau pekerjaan adalah gambaran bagaimana manajemen yang baik.
Ketika kita ingin berwirausaha perlu adanya manajemen yang baik dimana terbagi menjadi 3 yaitu: Planning (perencanaan), Organizing (pengorganisasisan) dan Controlling (pengawasan). Perencanaan atau planning, ketika ingin memulai suatu usaha maka perlu adanya perencanaan yang baik seperti: menentukan usaha apa yang ingin dijalankan, bagaimana sistem penjualannya, bagaimana dengan karyawan yang terlibat, dimana letak lokasi yang sesuai dan banyak hal yang perlu dibahas untuk menjalani suatu usaha. Organizing atau pengorganisasian, ketika sudah mempunyai bawahan atau rekan kerja untuk membangun suatu usaha maka penting adanya memiliki tujuan yang sama atas usaha tersebut dan perlu adanya kerjasama yang baik antar sesama rekan kerja. Dan yang terakhir adalah Controlling atau pengawasan, ketika semua kegiatan sudah berjalan sesuai dengan rencana maka tahap akhir yang harus terus dilakukan adalah penagwasan dengan kegiatan mengawasi berjalannya suatu usaha, memperhatikan tingkat kemajuan suatu usaha pun bila mengalami kegagalan dan kita akan mengetahuinya itu bisa lebih cepat bila dilakukan pengawasan yang ketat sehingga kita dapat membenarkannya kembali dengan menyusun sebuah rencana baru atau meluncurkan sebuah rencana yang sudah disiapkan terlebih dahulu sebagai plan B. 
Dengan begitu jelas perlu adanya manajemen organisasi dalam berwirausaha maka bila tidak usaha tidak dapat dijalankan dengan baik dan teratur yang ada malah semua usaha bisa sia-sia jika tidak adanya sebuah manajemen. 

No comments:

Post a Comment