Thursday 18 June 2020

MY BUSINESS


MY BUSINESS
            Hai teman-teman semua! Kembali lagi pada blog saya,bagaimana kabar temen-temen semua? Apakah selama #dirumahaja kabar kalian semua baik? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Tuhan ya temen-temen! Terus lakukan kebiasaan hidup sehat, semangat! Dan jangan lupa untuk melakukan hal yang bermanfaat ya.
            Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai bisnis saya. Nah, mari kita mulai dengan darimana sumber ide bisnis ini saya dapatkan. Sumber ide bisnis ini saya dapatkan karena saya pribadi menyukai drama yang berasal dari negeri ginseng atau biasa dikenal dengan Korea Selatan, terutama yang bergenre kriminal dan thriller. Beberapa kali menonton drama membuat saya ingin memiliki kedai makanan khas negeri ginseng sendiri, namun tidak seperti kedai pada umumnya. Saya juga akan menyelipkan kursus bahasa korea yang dikenal sulit itu, menyiapkan satu tutor bahasa di dalam kedai tersebut. Jadi kostumer yang mampir ke kedai saya juga dapat ilmu bahasa korea, walaupun tidak intens namun sangat berkesan.

            Jadi, saya akan membuat kedai yang menu makanannya adalah makanan dari negeri ginseng lalu menyiapkan satu tutor bahasa korea untuk kostumer yang datang ke kedai saya, setiap kostumer yang memesan makanan di sana maka memiliki satu kesempatan untuk belajar bahasa korea dengan tutor yang sudah disediakan. Untuk sistem belajar bahasa koreanya, setelah kostumer menikmati hidangannya dengan berkelompok atau jika ingin sendiri juga bisa.
            Nah untuk team produksinya itu saya akan membagi menjadi 2 team, team pertama mengurus segala hidangan dan pelayanan terhadap kostumer sedangkan team satunya bertugas fokus pada pengajaran bahasa koreanya sendiri. Tutor yang akan disediakan adalah orang-orang yang berpengalaman tinggal di Korea lebih dari 5 tahun atau mahasiswa yang pernah menempuh pendidikan di negeri ginseng tersebut. Untuk mempromosikannya sendiri, saya akan menggunakan antusiasme remaja-remaja yang menyukai k-pop dan k-drama, team pemasaran akan saya arahkan untuk mempromosikan lewat sosial media karena dirasa akan lebih cepat menyebarnya informasi mengenai kedai saya dan team pemasaran juga menyiapkan brosur yang siap dibagikan kepada masyarakat luas.
            Untuk team keuangannya sendiri saya sudah menyiapkan berbagai kemungkinan yang terjadi pada keuangan kedai yang saya kelola dan tentunya untuk yang memegang soal keuangan saya memilih orang yang merupakan lulusan dari management ataupun akuntansi karena dirasa cukup mahir dalam mengurus laba rugi atau manajemen keuangannya itu sendiri. Untuk pengeluaran dan pemasukan kedai sudah ada pembukuannya masing-masing dan hal itu sudah direncanakan tidak akan berantakan.
            Nah yang terakhir, di sini saya akan menyisipkan Business Model Canvanya. Silahkan disimak tabel dibawah ini ya temen-temen!
Value Propositions
Menyediakan tempat makan dengan tema makanannya dari negeri ginseng dengan rasa yang mirip dengan yang berada di negeri asalnya dan halal.
Customer Relationship
          Makanan yang berkualitas tinggi.
           Mempelajari bahasa korea.
           Tempat makan yang higenis dan nyaman.
           Promo makanan setiap minggunya.
Customer Segments
           Penggemar K-pop atau K-drama. (remaja atau dewasa).
           Penggemar K-foods. (remaja atau dewasa).
      Masyarakat umum.
Channels
          Social media.
      Email marketing.
Nomor handphone marketing.
Key Activities
Menghubungkan makanan korea dengan kostumer yang merupakan pecinta makanan yang berasal dari negeri ginseng.
Key Resources 
     Aset fisik: gedung, peralatan makan dan masak, fasilitas.
    Intelektual: brand, hak paten, informasi rahasia perusahaan.
      Human: tenaga kerja.
    Finansial: sumber daya keuangan seperti saham, cash dan credit. 
Key Partnership
            Pabrik bahan baku.
           Komunitas bahasa korea.
       Pabrik pembuatan alat makan, kursi dan meja.
Reveneu Streams
      Pendapatan dari penjualan makanan.
Pendapatan dari pembelajaran bahasa korea.
Cost Structure
           Pembelian bahan-bahan baku.
   Pembayaran gaji pegawai baik itu untuk makanannya maupun tutor bahasa.
Pembayaran pembelian alat-alat makan termasuk meja dan kursi.

            Nah kita sudah selesai pada pembahasan mengenai bisnis saya. Sampai jumpa di lain kesempatan dan terus jaga kesehatan serta tetap #dirumahaja jika tidak memiliki janji penting. Kkeut! Untuk penjelasan dalam bentuk video, bisa cek di bawah ini yaaa!
https://drive.google.com/file/d/18M5OYqA-9xulwx6D5JRdU0nhUzX_uHkn/view?usp=drivesdk




No comments:

Post a Comment