Tuesday 10 March 2020

Enterpreneur

      Berbicara mengenai pengusaha, salah satu member dari boyband asal negeri Ginseng atau Korea Selatan yaitu Yesung Super Junior dengan nama asli Kim Jong Won yang memiliki pekerjaan selain menjadi member suatu boyband ia memiliki pekerjaan yang lain itu sebagai penyiar radio, MC, aktor, penulis lagu serta menjadi seorang pengusaha yang memiliki kedai kopi di pusat kota, Seoul. 
Kedai kopi tersebut memiliki nama Mouse Rabbit Coffee yang terletak di 1 Neungdong-ro 11-gil, Hwayang-dong, Gwangjin-gu, Seoul, South Korea. Sebelum ia membuka kedai kopi dirinya membuka sebuah restoran di kawasan Hongdae dan kedai kopi di kawasan Yeoido. (Kumparan, 2019) dikarenakan suatu hal kedua usaha tempat makan tersebut ditutup dan kini hanya memiliki 1 kedai kopi yaitu Mouse Rabbit.
Yesung membangun usaha kedai kopinya dimulai sejak 11 November 2012 dan segera merebut perhatian para calon pelanggannya dikarenakan konsep yang dirancangnya sangat menarik perhatian dan di dalam kafe tersebut terdiri berbagai jenis dekorasi interior yaitu victoria style, modern architecture dan little Europan style. Dan memiliki 2 jenis ruangan yang berbeda yaitu underground dan upstair.
Yesung mendirikan usaha kedai kopinya berdua dengan adiknya yaitu Kim Jong Jin. Selain memilih konsep interior yang menarik, kedai kopi ini sangat dekat dengan Konkuk University dan subway station sehingga bisa dengan mudah menarik pelanggan yang kebanyakan adalah seorang mahasiswa dan seorang pekerja yang hendak pulang dari tempat bekerjanya.
Yesung aktif menjadi penyanyi sejak tahun 2005 namun di beberapa tahun dirinya debut sebagai penyanyi ia memutuskan untuk membuat usaha kedai kopi sampai dengan kedai makanan, dan yang sekarang hanya tersisa Mouse Rabbit saja. Dengan tekad dirinya yang cukup besar walaupun sudah gagal 2 kali sebelumnya dalam membuka usaha kedai makanan, namun ia tidak menyerah begitu saja dan dengan ditemani oleh adiknya untuk membuat kedai kopi yang baru.
Hal ini membuktikan bahwa dirinya adalah seorang pengusaha atau wirausahawan juga selain dirinya menjadi seorang penyanyi dan penyiar radio. Selain memiliki tekad yang kuat untuk menjadi seseorang yang sukses dalam bidang usaha, Yesung juga memiliki pemikiran yang sangat kreatif. Ia menaruh beberapa barang seperti boneka kertas, tas, kaus, casing handphone, mug dan botol minum sebagai hiasan kedai kopinya dimana hal tersebut Jong Jin dan temannya membantu untuk merancangnya.
Walaupun Yesung merupakan seorang pemilik kedai kopi tersebut namun tak jarang Yesung ikut membantu melayani para pelanggannya dengan meracik kopi pesanan serta menjadi kasir ketika Yesung tidak memilki jadwal untuk tampil maka ia akan mampir ke kedai kopinya dan membantu segala aktivitas di sana. Hal ini dapat membuktikan bahwa Yesung memiliki kepribadian yang fleksibel dalam artian walaupun jadwalnya sebagai penyanyi padat ia dapat mengatur waktunya sedemikian rupa untuk mengurus kedai kopinya juga.
Yesung merupakan seseorang yang pekerja keras, walaupun kedai kopi tersebut sudah beberapa kali mengalami naik-turunnya peminat, Yesung tidak menyerah begitu saja untuk menutup kedai kopinya dan justru Yesung memikirkan dengan detail bagaimana caranya kedai kopi tersebut tetap ada dan sebagai sumber nafkah bagi ia, adiknya maupun kedua orang tuanya.
Yesung memiliki kepribadian yang sangat disiplin sehingga ia dapat menjalani dua hal sekaligus dan keduanya bisa terurus dengan baik. Dari hal itu saya belajar bahwa menjadi pengusaha yang sukses adalah seorang pengusaha yang disiplin, bertanggung jawab, kreatif dan dapat membagi waktu-waktunya dengan baik merupakan pengusaha yang sukses dalam menjalankan bisnisnya.
Menjadi pengusaha yang sukses bukan hanya jika usaha tersebut ramai peminat namun bagi saya seorang pengusaha yang sukses adalah pengusaha yang dapat bertahan dengan prinsipnya sendiri serta dapat mensetarakan usahanya dengan usaha yang lain. Dan yang lebih penting adalah pengusaha yang memiliki karakter yang tangguh serta memiliki pikiran yang kreatif dan inovatif yang membuat usaha tersebut bertahan hingga sekarang. 

No comments:

Post a Comment