Friday 20 March 2020

Ide Bisnis Baru

         Perkembangan teknologi dan informasi di Indonesia sudah semakin pesat dan sangat banyak membantu kehidupan masyarakat di Indonesia. Seperti yang dikutip dari websindo, Perkembangan teknologi informasi di Indonesia meningkat pesat dari hari ke hari dan dari tahun ke tahun. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai macam faktor mulai dari perluasan area cakupan internet, peningkatan bandwidth internet, penggunaan teknologi internet dan komunikasi terbaru yang lebih cepat dan efisien, perkembangan ponsel pintar, munculnya berbagai macam media sosial dan ecommerce, serta semakin banyaknya masyarakat yang paham dan aktif menggunakan internet (websindo.com, 2019). 
            Di jaman teknologi yang sudah berkembang ini sudah banyak yang bisa dilakukan secara daring atau online. Dimulai dengan memesan makanan, memesan pakaian, memesan tiket perjalanan, memesan hotel, memesan peralatan rumah tangga ataupun dengan memesan ojek yang ingin kita gunakan sudah bisa dipesan melalui online. Dengan hal ini ide bisnis baru semakin meluas cakupannya, dengan melihat semua sudah mulai bisa dilakukan hanya dengan sebuah handphone/laptop maka bermunculan ide-ide bisnis yang baru.
Sebelum mengeluarkan bisnis baru maka harus memperhatikan langkah-langkah berikut. 
1. Melakukan penelitian
2. Membuat rencana
3. Rencanakan keuangan
4. Pilih struktur bisnis
5. Pilih dan daftarkan nama bisnis
6. Dapatkan lisensi dan izin
7. Pilh sistem akuntansi
    Dengan langkah-langkah yang sudah saya sebutkan maka di sini saya memunculkan sebuah ide bisnis yang baru yaitu Event Organizer atau akrab disebut dengan EO via mobile. Seperti yang sudah saya sebutkan, via mobile, ya melalui daring atau online. Hal ini memudahkan para penyelanggara event untuk mendapatkan klien juga memudahkan bagi suatu komunitas jika ingin mencari sebuah Event Organizer hanya dengan melalui genggaman tangan. Tentu ide bisnis ini sudah melihat kenyataan yang ada dimana sebuah event atau acara banyak sekali kita jumpai di luar sana namun di sini saya hanya ingin mempermudah bagaimana acara tersebut dapat terlaksana.
   Saya membuat aplikasi Event Organizer via mobile tentunya dengan bertujuan untuk memudahkan bagi para penyelenggara maupun yang ingin menyelenggarakan sebuah event. Tentu dengan banyak sekali keuntungan yang didapat bagi kedua belah pihak, misalnya yang ingin menyelenggarakan event dapat mensortir EO mana saja yang memiliki pengalaman bagus, EO yang memiliki konsep beda dari yang lainnya, EO yang sangat bagus dalam segi pengurusan namun jarang dilirik dan berbagai jenis EO yang sesuai dengan pihak yang ingin menyelenggarakan.
Dengan membuat aplikasi ini saya tentu bekerja sama dengan berbagai EO yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebagai pebisnis pemula tentu tidak memiliki pengalaman untuk menjalin relasi dengan pihak luar, namun dengan bekal pengetahuan serta keterampilan yang dimiliki maka harusnya dapat mengusahakan dengan semaksimal mungkin untuk menjalani bisnis ini.

No comments:

Post a Comment